Rabu, 16 Januari 2013

Catatan Kecil :)

 
KEBIJAKAN FISKAL DAN PENGELUARAN NEGARA
            Kebijakan anggaran seimbang adalah, suatu kebijakan anggaran yang menyatakan bahhwa antara pendapatan dan pengeluaran dibuat berimbang. Tujuannya supaya terjadi kepastian anggaran dan meningkatkan disiplin anggaran. Kebijakan anggaran defisit adalah anggaran pengeluaran dibuat lebih besar daripada pengeluaran. Kebijakan ini dibuat bila negara mengalami resesi ekonomi guna meningkatkan perekonomian.
            Adapula dampak yang timbul dari kebijakan fiskal terhadap perekonomian yaitu ketika pemerintah menjalankan kebijakan anggaran defisit, pengeluaran pemerintah meningkat dalam bentuk investasi, subsidi, maupun transfer.
            Pengeluaran negara adalah pengeluaran pemerintah menyangkut pengeluaran untuk membiayai program-program dimana pengeluaran itu ditunjukkan untuk kesejahteraan. Berdasarkan jenisnya pengeluaran pemerintah pusat terdiri dari pengeluaran rutin, pengeluaran pembangunan, dan pengeluaran pemerintah daerah terdiri dari belanja daerah, pengeluaran pembiayaan. Selain itu terdapat pula tahapan terjadinya pengeluaran negara yakni: kewenangan anggaran, pelimpahan kewenangan anggaran kewajiban, realisasi pengeluaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar