Jumat, 18 Januari 2013

Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Tema   : Akuntansi
Topik   : Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

BAB I Pendahuluan
1.1        Latar Belakang
1.2        Batasan Masalah
1.3        Tujuan Penulisan
1.4       Metode Pengumpulan Data
1.5        Sistematika Penulisan

BAB II Tinjauan Pustaka
2.1       Pengertian Akuntansi
2.2       Pengertian Akuntansi Sebagai Sistem Informasi
2.3       Syarat-Syarat Informasi Akuntansi
2.4       Fungsi Akuntansi dan Pemakaian Informasi Akuntansi

BAB III Pembahasan   
3.1       Profesi Akuntansi
3.2       Spesialisasi Bidang Akuntansi

BAB IV Penutup
4.1       Kesimpulan

Daftar Pustaka


BAB I
PENDAHULUAN
1.1        Latar Belakang
         Dengan bertambah pesatnya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, banyak perusahaan yang akan mengambil karyawan berprestasi. Yang dapat bekerja dengan cepat, tepat, dan teliti. Tidak sedikit pula perusahaan yang menginginkan karyawan berlulusan akuntansi.
         Akuntasi Sistem Informasi sangat baik untuk dipelajari. Sampai sejauh mana akuntansi itu dapat diakui sebagai sistem informasi, hal itulah yang akan diungkapkan dalam makalah ini.      

1.2        Batasan Masalah
                     Agar pembahasan lebih terarah dalam penulisan ilmiah ini, penulis hanya membahas tentang pengertian akuntansi, akuntansi sebagai sistem informasi, syarat, fungsi, serta pemakaian sistem informasi.

1.3        Tujuan Penulisan
                     Penulisan ilmiah ini disusun dengan tujuan memberi gambaran tentang pemahaman informasi yang disajikan dalam akuntansi, serta mengerti pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi.

1.4       Metode Pengumpulan Data
                     Data yang diperoleh dan dikemukakan dalam penulisan ilmiah ini diperoleh dengan berbagai cara. Pertama, membaca buku ekonomi SMA, dan membrowsing sesuai dengan topik yang diambil.

1.5        Sistematika Penulisan
      Penulisan ilmiah ini disusun dengan urutan sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan, menjelaskan latar belakang, tujuan, pembatasan masalah, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan.
Bab II  Tinjauan Pustaka, menjelaskan pengertian akuntansi, akuntansi sebagai sistem informasi, syarat informasi akuntansi, fungsi dan pemakaian informasi akuntansi.
Bab III Pembahasan, menjelaskan pembahasan dari sub-sub yang tertera  pada tinjauan pustaka dan menjelaskan dengan lebih rinci.
Bab IV Penutup, memberikan kesimpulan dari topik permasalahan penulisan ilmiah ini.
Daftar Pustaka

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1       Pengertian Akuntansi
   Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan mengomunikasikan informasi ekonomi sebagai dasar pertimbangan dan pengambilan keputusan para pemakainya.

2.2       Pengertian Akuntansi Sebagai Sistem Informasi
                      Informasi akuntansi dipergunakan oleh pihak ekstern untuk membuat keputusan ekonomi terhadap organisasi. Adapula pihak intern, informasi akuntansi dipergunakan untuk membuat keputusan yang harus dilakukan oleh organisasi.

2.3       Syarat Informasi Akuntansi/Laporan Keuangan
                      Menurut SAK, terdapat empat karakteristik yang membuat laporan keuangan berguna bagi pemakainya. Karakteristik pokok itu bersifat :
a.       Dapat dipahami
Informasi yang disajikan harus dapat dipahami oleh berbagai pihak yang memakai laporan keuangan
b.      Relevan
Informasi yang disajikan harus relevan dengan kebutuhan para pemakai dalam mengambil keputusan ekonomi dalam perusahaan, baik yang bersifat menilai maupun meramalkan.
c.       Keandalan
Informasi yang disajikan harus bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan yang material, dan dapat diandalkan sebagai perjanjian yang jujur dari keharusannya disajikan.
d.      Dapat diperbandingkan
Informasi yang disajikan harus dapat diperbandingkan oleh pemakai dari waktu ke waktu.

2.4       Fungsi Akuntansi dan Pemakaian Informasi Akuntansi
                      Fungsi akuntansi adalah  menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pertanggungjawaban.
                      Pemakaian informasi akuntansi keuangan tersebut sangat beragam oleh pemakainya sesuai dengan kepentingan mereka. Tersebut dibawah ini adalah pemakai informasi akuntansi yaitu: investor, karyawan, pemberi pinjaman, pemasok dan kreditur usaha lainnya, pelanggan, pemerintah, dan masyarakat.


BAB III
PEMBAHASAN

3.1       Profesi Akuntansi
                      Profesi akuntansi terdiri atas akuntan perusahaan, akuntan publik, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik. Akuntan perusahaaan bertugas menyusun sistem akuntansi, akuntan publik bertugas menjalankan fungsi pemeriksaan terhadap kebenaran laporan keuangan dan proses  akuntansi yang dijalankan perusahaan, akuntan pendidik bertugas menyusun kurikulum pendidikan akuntansi.

3.2       Spesialisasi Bidang Akuntansi
                       Bidang akuntansi terdiri dari akuntansi keuangan, akuntansi pemeriksaan, akuntansi biaya, akuntansi manajemen, akuntansi lembaga nirlaba, sistem akuntansi, akuntansi anggaran, akuntansi sektor publik atau akuntansi pemerintah, akuntansi pajak, akuntansi internasional.

BAB IV
PENUTUP

4.1       Kesimpulan
            Proses kegiatan akuntansi secara garis besar terdiri atas tahap pencatatan , tahap pengikhtisaran, dan tahap pelaporan.Pemakai informasi akuntansi secara  umum terdiri atas pihak ekstern dan intern.Profesi akuntan digolongkan pula menjadi 4 golongan, yaitu akuntan perusahaan, publik, pemerintah, pendidik. 

         
DAFTAR PUSTAKA

Sukirno, Sadono.1985.Ekonomi Pembangunan : Proses, Masalah dan Dasar Kebijaksanaan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI dengan Bima Grafika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar