PEMASARAN
o Pasar adalah : orang-orang yang mempunyai kebutuhan akan produk yang kita pasarkan dan memiliki daya beli yang cukup guna memenuhi kebutuhan
o Pasar adalah : orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakannya.
3 unsur pasar adalah :
- Orang-orang dengan segala keinginan
- Daya beli
- Ttingkah laku dalam pembeliann mereka
· Pemasaran adalah : penjualan
· Pemasaran adalah : penjualan dan periklanan
· Pemasaran adalah : sesuatu yang harus dikerjakan dengan membuat agar suatu produk tersedia di toko, mengatur pajangan, memelihara persediaan produk untuk penjualan mendatang.
Pemasaran memiliki 2 hal, yaitu :
§ Pemasaran merupakan filosofi sikap perspektif atau orrentasi management yang menekan pada kepuassan konsumen.
§ Pemasaran adalah sekumpulan aktivitas yang digunakan untuk mengimplementasikan filosofi ini.
Definisi pemasaran menurut AMA :
Suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi.
Definisi pemasaran adalah :
v Usaha untuk memuaskan dan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran
v Suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual
v Suatu kegiatan usaha yang mengarahkan aliran barang dan jasa dan produsen ke konsumen.
Jenis-jenis pasar berdasarkan pembelinya adalah :
Ø Pasar konsumen
Ø Pasar pedagang
Ø Pasar industri
Ø Pasar pemerintah
Ø Pasar internasional
Jenis-jenis pasar berdasarkan tujuan pembelinya dalah :
Ø Pasar konsumen akhir
Ø Passer konsumen antara
Cara membedakan pasar berdasarkan pembelinya adalah :
ü Apa yang dibeli ?
ü Siapa yang membeli ?
ü Mengapa membeli ?
ü Bagaimana membelinya ?
Bauran pemasaran terdiri dari product, price, promotion, and place.
Tujuan system pemasaran adalah :
a. Meningkatkan konsumsi masyarakat yang maksimum
b. Meningkatkan kepuasan konsumen yang maksimum
c. Meningkatkan pilihan konsumen yang maksimum
d. Meningkatkan kualitas hidup konsumen yang maksimum
Pendekatan pada studi pemasaran :
1) Pendekatan serba barang
2) Pendekatan serba fungsi ( segi kegiatan pemasarannya )
Fungsi pemasaran :
i. Fungsi pemasaran meliputi : pembelian dan penjualan
ii. Fungsi penyediaan fisik : pengangkutan dan penyimpanan
iii. Fungsi penunjang : pembelanjaan, penanggung resiko, standardisasi barang, grading, pengumpulan informasi pasar
iv. Pendekatan serba lembaga
v. Pendekatan serba managemen
vi. Pendekatan system total
Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses penggambilan keputusan serta kegiatan individual atau organisasional terhadap produk tersebut.
System pemasaran adalah :
· Kumpulan atau lembaga-lembaga yang melakuka kegiatan pemasaran yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarannya
· Pola pemasaran atau kelompok item yang saling berhubungan dan saling berkaitan itu mencakup organisasi yang menghasilkan produk, produk yang ditawarkan dipasar, pasar yang dituju, lembaga-lembaga perantara, lingkungan.
Sumber : www.google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar