Sabtu, 20 November 2010

PEMASARAN ( SESI 6 )


PEMASARAN
o   Pasar adalah : orang-orang yang mempunyai kebutuhan akan produk                             yang kita pasarkan dan memiliki daya beli yang cukup                              guna memenuhi kebutuhan
o   Pasar adalah : orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang                       untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakannya.

          3 unsur pasar adalah :
-      Orang-orang dengan segala keinginan
-      Daya beli
-      Ttingkah laku dalam pembeliann mereka

·         Pemasaran adalah : penjualan
·         Pemasaran adalah : penjualan dan periklanan
·         Pemasaran adalah : sesuatu yang harus dikerjakan dengan membuat                                    agar suatu produk tersedia di toko, mengatur                                      pajangan, memelihara persediaan produk untuk                                penjualan mendatang.
          Pemasaran memiliki 2 hal, yaitu :
§  Pemasaran merupakan filosofi sikap perspektif atau orrentasi management yang menekan pada kepuassan konsumen.
§  Pemasaran adalah sekumpulan aktivitas yang digunakan untuk mengimplementasikan filosofi ini.



          Definisi pemasaran menurut AMA :
*      Suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi.
          Definisi pemasaran adalah :
v  Usaha untuk memuaskan dan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran
v  Suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual
v  Suatu  kegiatan usaha yang mengarahkan aliran barang dan jasa dan produsen ke konsumen.
          Jenis-jenis pasar berdasarkan pembelinya adalah :
Ø  Pasar konsumen
Ø  Pasar pedagang
Ø  Pasar industri
Ø  Pasar pemerintah
Ø  Pasar internasional
          Jenis-jenis pasar berdasarkan tujuan pembelinya dalah :
Ø  Pasar konsumen akhir
Ø  Passer konsumen antara
          Cara membedakan pasar berdasarkan pembelinya adalah :
ü  Apa yang dibeli ?
ü  Siapa yang membeli ?
ü  Mengapa membeli ?
ü  Bagaimana membelinya ?
          Bauran pemasaran terdiri dari product, price, promotion, and place.
          Tujuan system pemasaran adalah :
a.    Meningkatkan konsumsi masyarakat yang maksimum
b.    Meningkatkan kepuasan konsumen yang maksimum
c.    Meningkatkan pilihan konsumen yang maksimum
d.    Meningkatkan kualitas hidup konsumen yang maksimum
          Pendekatan pada studi pemasaran :
1)    Pendekatan serba barang
2)   Pendekatan serba fungsi ( segi kegiatan pemasarannya )
Fungsi pemasaran :
                                                     i.        Fungsi pemasaran meliputi : pembelian dan penjualan
                                                    ii.        Fungsi penyediaan fisik : pengangkutan dan penyimpanan
                                                  iii.        Fungsi penunjang : pembelanjaan, penanggung resiko,                                     standardisasi barang, grading,                                         pengumpulan informasi pasar
                                                   iv.        Pendekatan serba lembaga
                                                    v.        Pendekatan serba managemen
                                                   vi.        Pendekatan system total

          Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses penggambilan keputusan serta kegiatan individual atau organisasional terhadap produk tersebut.
          System pemasaran adalah :
·         Kumpulan atau lembaga-lembaga yang melakuka kegiatan pemasaran yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarannya
·         Pola pemasaran atau kelompok item yang  saling berhubungan dan saling berkaitan itu mencakup organisasi yang menghasilkan produk, produk yang ditawarkan dipasar, pasar yang dituju, lembaga-lembaga perantara, lingkungan.
                             Sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar