Minggu, 17 Oktober 2010

RUANG LINGKUP BISNIS _ SESI 1



RUANG LINGKUP BISNIS
PENGERTIAN BISNIS
          Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Atau bisnis dalam pengertiannya juga dapat dikatakan suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh  masyarakat. Bisnis memuat 4 aspek yaitu: suatu kegiatan usaha, menghasilkan barang dan jasa, mendapatkan laba, memenuhi kebutuhan masyarakat.
         
TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS
       Tujuan bisnis dapat dilihat dari beberapa segi. Dari segi ekonomi tujuan bisnis adalah memperoleh keuntungan, dari segi social adalah memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Selain itu dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
1. Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
2. Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.
3. Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
4. Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
5. Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
6. Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.
SISTEM PEREKONOMIAN DAN SISTEM PASAR
          Sistem ekonomi merupakan perpaduan dari aturan aturan atau cara-cara yang menjadi satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian.
          Fungsi sistem ekonomi adalah sebagai srana pendorong untuk melakukan produksi, sebagai cara atau metode untuk mengorganisasi kegiatan individu, dan menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa terlaksana dengan baik.
          Macam-macam system perekonomian yang ada didunia ada 3 yaitu: system ekonomi liberal, system ekonomi sosialis, dan system ekonomi campuran.
          Sistem ekonomi liberal adalah sebuah system dimana adanya kebebasan baik untuk produsen maupun konsumen untuk berusaha yang didalamnya tidak ada campur tangan pemerintah untuk mempengaruhi mekanisme pasar, jadi semua mekanisme pengaturan harga diserahkan kepasar. Terdapat beberapa asumsi yang mesti dipenuhi agar system ini dapat berjalan seimbang, antara lain: jumlah pengusaha banyak, peluang berusaha sangat luas, informasi untuk berusaha sangat terbuka. Dalam system ini dikenal dengan adanya pasar bebas atau pasar persaingan sempurna. Ciri-ciri ekonomi liberal adalah: semua sumber produksi adalah milik masyarakat individu, masyarakat diberi kebebasan dalam memiliki sumber-sumber produksi, pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung dalam kegiatan ekonomi. Keuntungan system ekonomi liberal adalah: menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarakat dalam mengatur kegiatan ekonomi, setiap individu bebas memiliki unsur sumber daya produksi, dan timbul persaingan semangat untuk maju dari masyarakat. Kelemahan system ekonomi liberal adalah: Terjadinya persaingan bebas yang tidak sehat bilamana birokratnya korup, masyarakat yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin, banyaknya terjadi monopoli masyarakat. Negara yang menganut system ekonomi ini adalah Amerika dan Eropa.
          Sistem ekonomi sosialis adalah system yang menghendaki pengaturan perekonomian dilakukan oleh pemerintah secara terpusat. Ciri-ciri system ekonomi sosialis adalah: semua permasalahan ekonomi dipecahkan oleh pemerintah terpusat, kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi diatur oleh Negara, semua alat produksi dikuasai oleh Negara sehingga kepemilikan oleh individu/pihak swasta tidak diakui. Keuntungan system ekonomi sosialis adalah: disediakan kebutuhan pokok, didasarkan perencanaan Negara, dan produksi dikelola oleh Negara. Kelemahan system ekonomi sosialis adalah: sulit melakukan transaksi, membatasi kebebasan, dan mengabaikan pendidikan moral. Negara yang menganut system ini adalah Eropa Timur, dan Cina.
          Sistem Ekonomi campuran adalah gabungan dari system liberal dan sosialis, dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi. Ciri-ciri system ekonomi campur adalah: kegiatan ekonomi dilakukan oleh pemerintah dan oleh swsta, transaksi ekonomi terjadi dipasar, dan ada campur tangan pemerintah, ada persaingan serta masih ada control dari pemerintah. Keuntungan system ekonomi campuran yaitu: kebebasan berusaha, hak individu berdasarkan sumber produksi walau ada batas, lebih meningakatkan umum daripada pribadi. Kelemahan system ekonomi campuran adalah: beban pemerintah berat daripada beban swasta, pihak swasta kurang memaksimalkan keuntungan, sulit menentukan batas ekonomi yang dilakukan oleh swasta dan pemerintah. Negara yang menganut system ini adalah Negara Perancis, Malaysia, Indonesia.
KESEMPATAN BISNIS /USAHA
          Dalam usaha atau berbisnis banyak celah atau cara yang dapat dilakukan agar memperoleh keuntungan dan dapat memenuhi kebutuhan, antara lain menurut saya: penuhi kebutuhan konsumen dengan harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas, jual keunikan yang  maksudnya apabila kita memiliki keahlian/kreatif membuat kerajinan barang tersebut dapat dijadikan usaha, duplikasi usaha lain, beri fasilitas tambahan apabila ada yang menduplikasi barang dagangan kita, jual keterampilan seperti pangkas rambut atau yang lainnya, jadi agen contohnya agen foto model/studio foto/minuman, jual barang second seperti hp/tas/baju/sandal/sepatu yang bermerek, buka kantor sesuai profesi, jalankanDS/MLM, buka lokasi maksudnya apabila terdapat suatu lokasi yang sekiranya ramai penduduk dan kita dapat menjual berbagai makanan/minuman/yang lainnya.
UNSUR-UNSUR PENTING DALAM AKTIVITAS EKONOMI
          Untuk berlangsungnya aktivitas ekonomi terddapat 3 unsur yaitu:
1.     Keinginan manusia = manusia memiliki suatu keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.manusia membutuhkan makan, dan lain-lain. Ditambah lagi dengan berkembangnya dunia teknologi yang sangat pesat maka keinginan manusia pun bertambah keanekaragaman dan tanpa batas, maksudnya keinginan manusia tidak ada habis-habisnya apabila suatu keinginan tercapai maka akan muncul keinginan yang lainnya. Maka dari itu aktivitas ekonomi akan terus berlangsung.
2.    Sumber-summber daya (faktor-faktor produksi) = tingkat kepuasan manusia dapat dipenuhi tergantung jumlah dan mutu sumber daya yang digunakan. Sumber daya diartikan sebagai sumber-sumber yang mampu mampu menghasilkan barang dan jasa untuk memuaskan keinginan.
3.    Cara berproduksi = cara pembuatan suatu barang pada umumnya berada diluar bidang ekonomi, tetapi persoalan-persoalanbarang/jasa apa yang akan diproduksi, berapa banyak barang yang akan diproduksi dan bagaimana caranya sehingga mencapai pembiayaan yang minimal adalah termasuk dalam bidang ekonomi yang harus diperhatikan oleh ahli-ahli ekonomi.
HAKIKAT BISNIS

       Hakikat dari sebuah bisnis adalah: 1. bahwa dalam bisnis itu ada pertukaran produk dan uang, singkat kata terjadi jual beli. Jadi sebuah bisnis, dikatakan real sebuah bisnis, jika ada proses ini. 2. bahwa bisnis sesungguhnya adalah membantu memberikan nilai tambah dan nilai manfaat yang kita miliki untuk menolong orang lain memecahkan persoalan yang dihadapinya.

ALASAN BELAJAR BISNIS

          Alasan belajar bisnis menurut saya adalah kita dapat memenuhi keinginan yang kita inginkan, dapat menjadi seorang usahawan, dan yang paling utama adalah kita dapat paham liku-liku berbisnis artinya bagaimana caranya agar bisnis kita memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.

 

SUMBER: www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar