Sabtu, 12 November 2011

(SEM.3) EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI ANGGOTA


Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat Dari Sisi Anggota
A.  Efek Ekonomis Koperasi
          Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan koperasi adalah dengan para anggotanya, yang kedudukannya sebagi pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. Motivasi ekonomi anggota sebagi pemilik akan mempersoalkan dana (simpanan simpanan) yang telah di serahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang-jasa, menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual /pembeli di luar koperasi.
          Pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi :
1.Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya
2. Jika pelayanan itu di tawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih menguntungkan di banding yang di perolehnya dari pihak-pihak lain di luar koperasi.

B.   Efek Harga dan Efek Biaya
          Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi. Sedangkan tingkat partisipasi anggota di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : Besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif.
          Motivasi utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis yang di maksud adalah insentif berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien, atau adanya pengurangan biaya dan atau di perolehnya harga menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.
          Bila dilihat dari peranan anggota dalam koperasi yang begitu dominan, maka setiap harga yang ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota. Perbedaan ini mengharuskan daya analisis yang lebih tajam dalam melihat peranan koperasi dalam pasar yang bersaing.

C.   Analisis Hubungan Efek Ekonomi Dengan Keberhasilan Koperasi
Dalam badan usaha koperasi, laba (profit) bukanlah satu-satunyayang di kejar  oleh manajemen, melainkan juga aspek pelayanan (benefit oriented). Di tinjau dari konsep koperasi, fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi manfaat yang di terima oleh anggota.
Keberhasilan koperasi di tentukan oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota dan partispasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang di dapat oleh anggota tsb.

D.  Penyajian Dan Analisi Neraca Pelayanan
Di sebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan koperasi, terutama tantangantantangan kompetitif, pelayanan koperasi terhadap anggota harus secara kontinu di sesuaikan. Ada dua faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya.
1. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain (terutama organisasi non               koperasi).
          2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan   peradaban.
Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang di tawarkan oleh koperasi.
          Bila koperasi mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya akan meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan, koperasi memerlukan informasi-informasi yang datang terutama dari anggota koperasi.

SOAL :

1.     Di bawah ini yang termasuk kemanfaatan ekonomis yang sejalan dengan motivasi utilitarian, kecuali …
a.    Intensif berupa pelayanan barang dan jasa
b.    Adanya pengurangan biaya
c.    Adanya penambahan biaya
d.    Diperolehnya harga menguntungkan baik tunai / bentuk barang
Jawaban       : C

2.    Fungsi Laba bagi koperasi tergantung pada …
a.    Besar kecilnya partisipasi
b.    Besarnya partisipasi
c.    Kecilnya partisipasi
d.    Tidak adanya partisipasi
Jawaban       : A

3.    Faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya adalah…
a.    Besarnya partisipasi
b.    Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain
c.    Adanya pengurangan  biaya
d.    Adanya penambahan biaya
Jawaban       : B

4.    Informasi yang datang untuk meningkatkan pelayanan terutama akan datang dari…
a.    Anggota koperasi
b.    Pengurus koperasi
c.    Pengawas koperasi
d.    Manajemen koperasi
Jawaban       : A

5.    Suatu perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat dari…
a.    Besarnya keuntungan
b.    Besarnya partisipasi
c.    Adanya tekanan persaingan
d.    Perubahan waktu dan peradaban
Jawaban       : D

Sumber : http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-koperasi/evaluasi-keberhasilan-koperasi-dilihat-dari-sisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar