Minggu, 08 Januari 2012

(SEM.3) PEMBANGUNAN KOPERASI


PEMBANGUNAN KOPERASI
          Pembangunan Koperasi di Negara Berkembang (di Indonesia ) . Kendala yang dihadapi masyarakat :
  1. Perbedaan pendapat masayarakat mengenai Koperasi
  2. Cara mengatasi perbedaan pendapat tersebut dengan menciptakan 3 kondisi yaitu :
          a. Koqnisi
          b. Apeksi
          c. Psikomotor
3. Masa Implementasi UU No.12 Tahun 1967 Tahapan membangun Koperasi :
          a. Ofisialisasi
          b. De-ofisialisasi
          c. Otonomisasi
4. Misi UU No.25 Tahun 1992 merupakan gerakan ekonomi rakyat dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur  berlandaskan Pancasila dan UUD1945.
Tahap Pembangunan Koperasi di Negara berkembang Menurut A.Hanel 1989
Tahap I : Pemerintah mendukung perintisan pembentukan  organisasi koperasi.
Tahap II : Melepaskan ketergantungan kepada sponsor dan pengawasan teknis, manajemen dan keuangan secara   langsung dari pemerintah dan atau organisasi   yang dikendalikan oleh pemerintah.
Tahap III : Perkembangan koperasi sebagai organisasi koperasi yang mandiri.

Soal   :
1.     Menurut A.Hanel, ada berapa tahap pembangunan kpperasi di Negara berkembang…
a.    2
b.    3
c.    4
d.    5
Jawaban       : B

2.    Perkembangan koperasi sebagai organisasi koperasi yang mandiri, merupakan tahapan pembangunan koperasi yang ke- …
a.    3
b.    2
c.    1
d.    4
Jawaban       : A

3.    Gerakan ekonomi rakyat dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur  berlandaskan Pancasila dan UUD1945, adalah isi UU NO…
a.    25 Tahun 1967
b.    25 Tahun 1992
c.    12 Tahun 1967
d.    12 Tahun 1992
Jawaban       : B

4.    Cara mengatasi perbedaan pendapat dengan menciptakan 3 kondisi, kecuali…
a.    Koqnisi
b.    Apeksi
c.    Psikomotor
d.    Otonomisasi
Jawaban       : D

5.    Tahapan pembangunan koperasi yang 1 menurut UU NO.12 Tahun 1967 adalah…
a.    Otonomisasi
b.    Ofisialisasi
c.    De-ofisialisasi
d.    Apeksi
Jawaban       : B

Sumber : http://ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7226/EKOP+Bab+11.+PERANAN+KOPERASI.ppt

(SEM.3) PERANAN KOPERASI



PERANAN KOPERASI
          Peranan Koperasi dalam berbagai bentuk pasar. Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam :
·         Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
·         Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) , yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli

1.   Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
          Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
- Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
- Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
- Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
- Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna

2.  Koperasi dalam Pasar Monopolistik
          Ciri-cirinya :
  • Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
  • Produk yang dihasilkan tidak homogen
  • Ada produk substitusinya
  • Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
  • Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya


3. Peranan Koperasi Pada Pasar Monopsoni
          Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.komoditas.Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Salah satu contoh monopsoni juga adalah penjualan perangkat kereta api di Indonesia.
          Perusahaan Kereta Api di Indonesia hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI.
Apabila seorang pengusaha membeli suatu factor produksi secara bersaing sempurna dengan pengusaha lain,maka ia secara perorangan tidak bisa mempengaruhi harga dari factor produksi itu.


4. Peranan Koperasi Pada Pasar Oligopoli
q  Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar
q  Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga
Gambar 9.1
Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk
SOAL :
1.     Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan menjadi…
a.    3
b.    4
c.    2
d.    5
Jawaban       : C

2.    Struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar , disebut…
a.    oligopoly
b.    monopsoni
c.    monopolistic
d.    pasar persaingan sempurna
Jawaban       : A

3.    Strategi dasar untuk pasar oligopoli adalah…
a.    Waktu, dan nonwaktu
b.    Harga, dan nonharga
c.    Tempat, dan nontempat
d.    Keuntungan, dan kerugian
Jawaban       : B

4.    Di bawah ini ciri-ciri pasar persaingan sempurna, kecuali…
a.    Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
b.    Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
c.    Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
d.    Produk yang dihasilkan tidak homogeny
Jawaban       : D

5.    Perfect competitive market adalah istilah dari…
a.    Pasar oligopoly
b.    Pasar monopsoni
c.    Pasar persaingan sempurna
d.    Pasar monopolistic
Jawaban       : C

Sumber        : http://ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7226/EKOP+Bab+11.+PERANAN+KOPERASI.ppt